Wanita Sholehah

0 Comments »
Adapun ciri-ciri wanita shaleh itu adalah sebagaimana ditegaskan oleh Allah Swt. melalui Firman-Nya dalam Surat at-Tahrim ayat 5 :

عَسَى رَبُّهُ إِن طَلَّقَكُنَّ أَن يُبْدِلَهُ أَزْوَاجاً خَيْراً مِّنكُنَّ مُسْلِمَاتٍ مُّؤْمِنَاتٍ قَانِتَاتٍ تَائِبَاتٍ عَابِدَاتٍ سَائِحَاتٍ ثَيِّبَاتٍ وَأَبْكَاراً

Artinya : Jika dia (Nabi) menceraikan kamu, boleh jadi Tuhan akan Memberi ganti kepadanya dengan istri-istri yang lebih baik dari kamu, perempuan-perempuan yang patuh, yang beriman, yang taat, yang bertobat, yang beribadah, yang berpuasa, yang janda, dan yang perawan.

Berdasarkan ayat di atas dapat kita pahami bahwa, ciri-ciri wanita shalehah itu adalah :
  1. Muslimah, artinya wanita yang shalehah itu adalah seorang muslimah, sebaik apapun seorang wanita, jika dia belum mengucapkan Syahadatain, maka tidak dapat dikatakan shalehah.
  2. Mu'minah, maksudnya wanita shalehah itu adalah wanita yang memiliki iman, akidah, pemikiran, keyakinan yang lurus.
  3. Qanitat, yaitu wanita yang taat kepada Allah dan Rasul serta kepada suami. Mengenai wanita yang ta'at dalam sebuah hadits Rasulullah Saw. bersabda, yang maksudnya "Wanita yang mengerjakan shalat wajib lima waktu, mengerjakan puasa di bulan Ramadhan, menjaga kehormatannya (aurat, akhlak, kemaluan dan pergaulannya), taat pada suaminya, maka akan masuk surga"
  4. Taibat, yaitu wanita yang senantiasa bertaubat, membersihkan jiwanya, menjadikan taubat sebagai akhlak dan pakaiannya.
  5. 'Abidat, maksudnya wanita-wanita yang terbiasa melakukan puasa sunah, karena puasa adalah sarana untuk membersihkan jiwa dan pikiran, mendekatkan diri dan meminta pertolongan kepada Allah. Dalam beberapa ayat Allah Swt. mengajarkan "Wasta'inu bis shabri washalah (mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat)". Kebanyakan ulama mengatakan bahwa sabar di sini maksudnya adalah puasa.
Setelah memenuhi persyaratan diatas insyaallah wanita solehah akan menjadi tumpuan suami untuk bisa menjadi seorang istri sholehah.yang akan melahirkan keluarga yang islami yang mawadah warrahmah,

خير النِّسَاء امْرَأَة نظرت إِلَيْهَا سرتك وَإِذا أَمَرتهَا أَطَاعَتك وَإِذا غبت عَنْهَا حفظتك فِي نَفسهَا وَمَالك

Artinya : "Sebaik-baik wanita (istri) adalah yang ketika engkau memandangnya akan membuatmu bahagia. dan jika diperintah, dia akan mentaatimu. dan jika engkau tidak bersamanya, dia akan menjagamu dalam dirinya dan menjaga apa-apa yang engkau miliki." (HR Abu Daud, Al-Hakim dan Al-Baihaqi)


 
 3 Ciri-ciri Istri Sholehah/Idaman


1. Ketika dipandang, dia akan membuatmu bahagia, nyaman dan menentramkan jiwa.


2. Ketika engkau memerintahkannya akan sesuatu yang mubah/boleh, dia mentaatimu.


3. Ketika engkau pergi dan dia tidak bersamamu, dia akan menjaga dirinya untukmu dan juga menjaga apa-apa yang engkau miliki; harta, anak dan lain-lain.


0 Responses to "Wanita Sholehah"

Post a Comment